December 22, 2012

GEOLOGI FISIK

Geologi secara harfiah itu terdiri dari dua kata yaitu "geo" yang berarti bumi dan "logos" yang berarti ilmu pengetahuan. secara luas pegertian dari geologi adalah ilmu pengetahuan yang membahas mengenai bumi secara rinci, dari proses terbentuknya, sifat sisiknya serta material penyusundari bumi.
Ilmu geologi memiliki beberapa cabang diantaranya adalah :
  1. Mineralogi dan petrologi yaitu ilmu yang mempelajari mengenai mineral dan batuan sebagai penyusun kerak bumi. mineralogi membahas mengenai mineral penyusun batuan sedangkan petrologi membahas mengenai asal mula kejadian dan klasifikasi dari batuan.
  2. Paleontologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan masa lalu, dipelajari juga mengenai posil yang terdapat pada batuan.
  3. Geomorfologi adalah ilmu pengetahuan yang membahas mengenai bentuk-bentuk bentang alam permukaan bumi serta proses yang terjadi padanya.
  4. Geologi struktur ilmu yang mempelajari bentuk-bentuk struktur bagian dalam bumi dan proses dibagian dalam bumi yang membentuknya.
  5. Stratigrafi adalah ilmu yang mempelajari urutan pembentukan batuan penyusun kerak bumi, terutama batuan yang berlapis.
Bumi terdiri dari tiga bagian utama yaitu :
  1. Atmosfer (lapisan udara) : merupakan selimut udara yang memberikan kehidupan bagi bumi.yang mempunyai ketebalan sampai ratusan kilometer. lapisan atmosfer selain memberikan kehidupan juga melindungi kita dari cahaya panas matahari.
  2. Hidrosfer (lapisan air) : sfera air atau selubung air merupakan air yang menyelubungi bumi , baik air permukaan , air yang berbentuk uap di atmosfer maupun air tanah yang terdapat didalam tanah.
  3. Bumi itu sendiri yang padat.
Penyusun bagian dalam bumi .
lapisan bumi yang pada yang berada dibawah atmosfer dan hidrosfer tersusun oloh beberapa bagian diantaranya  :
  1. Inti bagian dalam (inner core) meripakan bagian yang kaya Fe dengan jari-jari sekitar 1216 km.
  2. Inti bagian dalam (outer core) merupakan bagian yang disusun oeh campuran logam dengan ketebalam mencapai 2270 km.
  3. Mantel bumi (selubung bumi) merupakan bagian yang tersusun oleh material yang kental dan padat dengan ketebalan 2885 km

No comments: